Jalan Berkeselamatan Pada Pembangunan Jembatan Kretek 2 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta – TRSS

Tujuan pembangunan jalan dan jembatan ruas pantai selatan pulau jawa adalah untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di wilayah selatan pulau jawa, pelaksanaan pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan hingga saat ini masih terus berjalan, salah satunya adalah pembangunan Jembatan Kretek 2 di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jembatan Kretek 2 adalah jembatan yang dibangun di daerah Bantul, Yogyakarta, tepatnya di atas Sungai Opak atau Laguna Pantai Depok. Memiliki panjang lintasan sekitar 2,01 kilometer, jembatan tersebut menghubungkan dua desa yakni desa Tirtohargo dengan desa Parangtritis. Progres pekerjaan pembangunan Jembatan Kretek 2 hingga periode 7 September 2022 telah mencapai 94%.

Pembangunan Jembatan Kretek 2 sendiri diperkirakan menelan dana sekitar Rp 364 miliar yang berasal dari dana Ioan Islamic Development Bank (IsDB) dan ditargetkan rampung pada Januari 2023.

Pelaksanaan Audit Keselamatan Jalan Tahap Pre-Opening Jembatan Kretek 2

Untuk mendukung kondisi jalan yang lebih berkeselamatan, pada tanggal 5 – 7 September 2022 telah dilakukan Audit Keselamatan Jalan tahap Pre-Opening untuk Jembatan Kretek 2 oleh Direktorat Jenderal Bina Marga – Kementerian PUPR. Beberapa hal dilakukan saat pelaksanaan Audit Keselamatan Jalan tahap Pre-Opening yaitu: pemeriksaan dokumen shopdrawing perambuan, uji retro reflektiftas dan pelaksanaan survey lapangan pada malam dan siang hari untuk melihat reflektifitas marka dan rambu sekaligus melaksanakan monitoring dan evaluasi langsung dilapangan. Sebagai penutup pada acara Audit Keselamatan Jalan tahap Pre-Opening adalah dilaksanakan proses pembahasan, evaluasi dan rekomendasi perbaikan.

Hasil pelaksanaan survey malam hari pada pembangunan Jembatan Kretek 2 dari STA 14 – 16, pada tanggal 07 September 2022 digambarkan pada video sebagai berikut:

Terimakasih
PMC TRSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *