Jalur Pansela Disiapkan untuk Kendaraan Tonase Maksimal 8 Ton

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan kemantapan jalan pantai selatan (pansela) Jawa. Jalan sepanjang 1.405 km itu membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.

”Kita terus promosikan jalur pansela Jawa supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus, tapi juga memiliki pemandangan yang indah dan terdapat banyak objek wisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kemarin (5/8).

Tahun ini, salah satu ruas pansela yang telah rampung ditangani berada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Yakni, ruas Tambakmulyo-Congot sepanjang 52,6 km. Kondisi ruas jalan tersebut kini sudah beraspal dan lebih lebar. Dari semula 4,5 sampai 5 meter menjadi 6,5 meter untuk badan jalan, dengan masing-masing lebar bahu jalan 2,5 meter.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga Akhmad Cahyadi menjelaskan, jalur pansela Jawa sebagai jalur wisata didesain untuk kendaraan bertonase maksimal 8 ton. Konstruksi jalan dibuat dengan kemiringan tertentu sehingga dapat mengalirkan air hujan dan meminimalkan adanya genangan.

“Dengan demikian, kondisi jalan terjaga karena musuh utama jalan adalah air. Ruas jalan ini juga dilengkapi lampu penerangan menggunakan solar cell di titik-titik yang rawan kecelakaan,” ujar Cahyadi

Dia melanjutkan, pekerjaan peningkatan ruas jalan Tambakmulyo-Congot merupakan bagian dari program Regional Road Development Project (RRDP) paket Lot 1 dan Lot 3 yang didanai Islamic Development Bank (IDB).

Artikel Sumber : https://www.jawapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *