Kondisi Terkini Jalur Pansela, Bisa Dijadikan Jalur Alternatif Selain Pantura

Kondisi jalan yang berada di Provinsi Jawa Tengah tersebut kini sudah beraspal dan lebih lebar dari semula yaitu menjadi 6,5 meter untuk badan jalan dengan lebar bahu jalan masing-masing 2,5 meter.

Sebagai jalur alternatif, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa. Jalan Pansela ini terbentang sepanjang 1.405 kilometer dari Banten hingga Jawa Timur. Selain sebagai alternatif konektivitas di samping Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa, Jalan Pansela ini juga menjadi akses menuju sejumlah lokasi wisata eksotis di Pulau Jawa. Salah satu ruas Pansela yang kini telah rampung ditangani yaitu ruas Tambakmulyo-Congot sepanjang 52,6 kilometer.

Kondisi jalan yang berada di Provinsi Jawa Tengah tersebut kini sudah beraspal dan lebih lebar dari semula yaitu menjadi 6,5 meter untuk badan jalan dengan lebar bahu jalan masing-masing 2,5 meter.

“Jalur Pansela Jawa sebagai jalur wisata didesain untuk kendaraan bertonase maksimal delapan ton. Konstruksi jalan dengan kemiringan tertentu sehingga dapat mengalirkan air hujan dan meminimalisir adanya genangan,” kata Akhmad Cahyadi, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Direktorat Jenderal Bina Marga, baru-baru ini.

“Dengan demikian kondisi jalan terjaga, karena musuh utama jalan adalah air. Di ruas jalan ini juga dilengkapi lampu penerangan menggunakan solar cell di titik-titik yang rawan kecelakaan,” kata Akhmad.

Peningkatan kualitas ruas jalan tersebut merupakan bagian dari program Regional Road Development Project (RRDP) paket Lot 1 dan Lot 3 yang didanai oleh Islamic Development Bank (IDB). Paket RDPP Lot 1 yakni ruas Tambakmulyo-Wawar sepanjang 38,4 kilometer yang dikerjakan oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan-Armada Hada Graha (KSO) dengan nilai kontrak tahun jamak 2015-2018 sebesar Rp 267,1 miliar.

Artikel Sumber: https://wartakota.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *