Penyelenggaraan Manual Manajemen Proyek (Project Management Manual) Trss

Link Download PMM TRSS: Klik Disini

 

Maksud Manual Manajemen Proyek ini adalah sebagai pedoman untuk pengelolaan  kegiatan pengadaan barang / jasa baik jasa konstruksi maupun jasa Konsultansi, pelaksanaan kegiatan Pinjaman Luar Negeri, dan prosedur-prosedur lainnya yang berhubungan dengan persyaratan Bank Pembangunan Islam melalui Financing IDN-1012 bagi semua pihak dilingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga dan instansi lainnya yang terkait dengan pelaksanaan proyek TRSS.

Manual ini digunakan untuk pelaksanaan prosedur tertib administrasi serta untuk mencegah kemungkinan timbulnya adanya resiko misprocurement, misimplementation dan ineligible payment yang dapat menyebabkan pembatalan dana pinjaman yang sedang berjalan tersebut.

Manual ini harus dibaca bersama dengan dokumen lainnya seperti pedoman yang diterbitkan oleh IDB, serta dokumen – dokumen lainnya yang disiapkan khusus untuk TRSS, termasuk Undang – Undang, Peraturan Pemerintah Indonesia.

Namun perlu diketahui bahwa manual ini khususnya untuk pelaksanaan kontrak konstruksi hanya sebatas panduan saja dan bukan merupakan bagian dari Dokumen Kontrak. Jika terjadi kekeliruan, kesalahan mengutip atau beda penafsiran yang disajikan dalam manual ini, maka yang berlaku adalah Dokumen Kontrak yang ada sesuai dengan hirarkinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *